SIARAN PERS

Inisiatif Baru Mendukung Peningkatan Investasi Infrastruktur dan Pertumbuhan Ekonomi Kota-Kota Indonesia: Bank Dunia

14 Juni 2016


Pemerintah Swiss berikan hibah $13,4 juta untuk Dana Perwalian Multi-Donor

Jakarta, 14 Juni 2016 - Pemerintah Swiss dan Bank Dunia mendirikan dana perwalian senilai $13,4 juta guna mendukung upaya Indonesia mengelola perkembangan perkotaan di Indonesia. Laju pertumbuhan perkotaan di Indonesia kini tertinggi di Asia.

Investasi pembangunan infrastruktur belum mengimbangi laju urbanisasi, mengakibatkan kemacetan, polusi, dan risiko bencana seperti banjir. Dana perwalian akan memperkuat kapasitas lembaga pemerintahan mempersiapkan kebijakan dan investasi yang mendukung pembangunan berkelanjutan.

Dalam mengatasi permasalahan perkotaan di era desentrasiliasi ini, peran pemerintah daerah sangat strategis karena pemerintah daerah lebih megenal kondisi dan permasalahan kawasan perkotaannya. Namun pemerintah daerah juga menghadapi keterbatasan pendanaan, sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.

"Seharusnya dengan adanya desentralisasi, perkembangan kota menjadi tanggungjawab pemerintah daerah. Pemerintah pusat mempunyai peran dalam pembinaan dan pengawasan, sementara pemerintah daerah harus menyediakan biaya operasional, perawatan dan rehabilitasi untuk keberlangsungan infrastruktur. Bagaimanapun juga kota-kota mempunyai anggaran yang sangat terbatas dengan PAD yang sedikit, sementara anggaran lebih banyak dialokasikan untuk gaji pegawai. Karena itu kita membutuhkan sumber dana alternatif untuk membiayai pembangunan infrastruktur di negeri ini," menurut Menteri Basuki.

Melalui berkembangnya pekerjaan berproduktivitas tinggi dan pengurangan biaya usaha – sehingga membantu pertumbuhan dunia usaha – kota-kota dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara. Dari tahun 1970 hingga 2012, setiap pertumbuhan 1% urbanisasi berkorelasi dengan pertumbuhan PDB per kapita sebesar 13% di India, 10% di Tiongkok dan 7% di Thailand. Sementara di Indonesia pertumbuhan 1% urbanisasi hanya menghasilkan kenaikan 4% PDB per kapita.

"Indonesia hanya menikmati sebagian kecil potensi manfaat dari perkotaan, yang dapat menjadi pusat inovasi dan pertumbuhan yang tinggi. Dengan meningkatnya investasi infrastruktur berkelanjutan guna menyediakan air bersih, sanitasi, transportasi umum yang efisien, dan perumahan terjangkau, kota-kota di Indonesia dapat mempercepat pertumbuhan dan mengangkat jutaan rakyat keluar dari kemiskinan," kata Rodrigo Chaves, Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia

Laju urbanisasi di Indonesia termasuk yang tercepat di dunia, sehingga selama periode tahun 2000 sampai 2010, luas perkotaan bertambah sebesar 1.100 kilometer persegi - peningkatan terluas kedua setelah Tiongkok.

Pada tahun 2025, 68% penduduk Indonesia diperkirakan akan menetap di perkotaan. Dengan 50 juta warga desa – yang banyak anggota keluarganya telah pindah ke kota-kota – pulau Jawa terutama berpotensi mengalami laju urbanisasi yang tinggi.

Pemerintah Swiss, melalui State Secretariat for Economic Affairs, atau SECO – yang secara global mendukung pembangunan berkelanjutan - memberikan kontribusi pertama ke dana perwalian Indonesia Sustainable Urbanization Multi-Donor Trust Fund (IDSUN), selama tiga tahun ke depan.

Dr. Yvonne Baumann, Duta Besar Swiss untuk Indonesia mengatakan: "Melalui dana perwalian IDSUN, kami mendukung upaya Indonesia untuk memprioritaskan urbanisasi berkelanjutan yang mengedepankan faktor ekonomi, sosial dan perlindungan lingkungan hidup dalam agenda nasional. Dana perwalian juga akan memperkuat sinergi dan kapasitas lembaga pemerintahan baik di pusat dan di daerah, dalam upaya meningkatkan taraf hidup di daerah perkotaan."

IDSUN adalah bagian dari konsolidasi sebuah platform nasional guna mendukung urbanisasi berkelanjutan di Indonesia, yang diharapkan akan terdiri dari beberapa program nasional yang terkoordinasi: untuk peremajaan kawasan kumuh dan perumahan terjangkau, transportasi umum, layanan air bersih dan sanitasi, limbah padat, drainase, dan pengelolaan risiko bencana.

Upaya lain yang dapat meningkatkan manfaat dari urbanisasi termasuk: memperbaiki manajemen perkotaan melalui perencanaan investasi yang strategis, memanfaatkan opsi dalam negeri guna mendanai infrastruktur perkotaan, reformasi kebijakan yang mempermudah investasi infrastruktur, dan belajar dari negara-negara yang berhasil dalam urbanisasi berkelanjutan, seperti Korea Selatan dan Singapura.

Kontak Media
Dalam Jakarta
Dini Djalal
Telepon: +62-21-5299-3156
ddjalal@worldbank.org



Api
Api


Welcome