SIARAN PERS

Bank Dunia Mengangkat Kaushik Basu sebagai Kepala Ekonom

05 September 2012




WASHINGTON, September 5, 2012 – Presiden Kelompok Bank Dunia Jim Yong Kim hari ini mengumumkan pengangkatan Kaushiki Basu sebagai Kepala Ekonom dan Wakil Presiden Senior.

Basu, warga Negara India, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Penasihat Ekonomi  untuk Pemerintah India, di Kementerian Keuangan, saat ia sedang mengambil cuti dari posisinya sebagai Profesor Ekonomi dan Profesor C. Marks di International Studies at Cornell University. Ia juga menjabat sebagai Ketua Departemen Ekonomi di Cornell serta Direktur Pusat Analisis Ekonomi di Cornell, di mana ia juga memimpin Program Perbandingan Pembangunan Ekonomi.

“Dengan pengalamannya bekerja di Kementerian Keuangan, serta pencapaian akademis yang ia miliki, Kaushik sangat tepat untuk membantu kami menghasilkan solusi yang berbasis bukti bagi negara-negara tempat kami bekerja, serta memberikan inovasi dalam memimpin riset pembangunan kami,” kata Presiden Kelompok Bank Dunia Jim Yong Kim. “Kaushik akan membawa pengalaman dari lapangan di negara-negara berkembang dan akan menjadi aset penting  bagi institusi kami.”

Basu, yang memiliki gelar PhD dari London School of Economics, ikut mendirikan Pusat Ekonomi Pembangunan di Delhi School of Economics pada tahun 1992, dan juga ikut mendirikan Madras School of Economics. Ia telah mengisi posisi visiting professorial di Harvard University, the Institute for Advanced Study, Princeton University, the London School of Economics, dan  M.I.T.

Karya Basu sudah dipublikasi secara luas, dan kontribusinya mencakup pada bidang kerja ekonomi pembangunan, ekonomi terkait kesejahteraan masyarakat, organisasi industri, dan ekonomi masyarakat. Bebebrapa buku yang telah ia terbitkan termasuk, Analytical Development Economics (1997, MIT Press), Prelude to Political Economy: a Study of the Social and Political Foundations of Economics (2000, Oxford University Press), Of People, Of Places: Sketches from an Economist’s Notebook (1994, Oxford University Press) dan Beyond the Invisible Hand: Groundwork for a New Economics (2011, Princeton University Press and Penguin).

Basu telah dianugerahi National Mahalanobis Memorial Award di India. Pada Mei 2008, Presiden India menganugerahi Basi dengan penghargaan tertinggi untuk masyarakat sipil, yaitu, Padma Bhushan, untuk “pelayanan pada tingkat tertinggi”.

Basu akan aktif mengisi posisi barunya di Bank Dunia pada 1 Oktober 2012.

Kontak Media
Dalam Washington
Merrell Tuck-Primdahl
Telepon: (202) 473-9516
Mtuckprimdahl@worldbank.org
Dalam Broadcast Requests
Natalia Cieslik
Telepon: (202) 458-9369
ncieslik@worldbank.org

SIARAN PERS NO:
2013/048/EXC

Api
Api

Welcome