SIARAN PERS

Bank Dunia Dukung Pembangunan PLTA Pumped Storage untuk Memenuhi Kebutuhan Indonesia

27 Mei 2011



Jakarta, 27 Mei 2011 – Bank Dunia akan membantu Indonesia memenuhi kebutuhan listriknya yang terus meningkat, dan membuat pasokan listrik menjadi lebih stabil, terjangkau, dan ramah lingkungan melalui proyek PLTA Upper Cisokan Pumped Storage – fasilitas pumped storage pertama dan satu-satunya di Indonesia. Untuk proyek ini, Bank Dunia akan bekerjasama langsung dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Proyek ini diharapkan bisa menyediakan lebih dari 1,000 MW listrik pada waktu beban puncak di jaringan Jawa-Bali.

“Persediaan listrik yang dapat diandalkan, terjangkau, dan berkelanjutan merupakan hal yang sangat penting bagi Indonesia untuk bisa muncul sebagai negara berpenghasilan menengah yang kuat di dekade mendatang. Saat ini, tingkat konsumsi listrik per kapita di Indonesia termasuk salah satu yang terendah di kawasan. Rasio elektrifikasi juga masih sangat rendah,” kata Stefan G. Koeberle, Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia. “Proyek ini akan membantu meningkatkan beban puncak jaringan Jawa-Bali, mengurangi ketergantungan pada minyak bumi, serta mendukung pertumbuhan ekonomi jangka menengah dan panjang.

“Pumped storage adalah satu-satunya bentuk teknologi yang memungkinkan kita menampung energi dalam jumlah besar secara efisien, sekaligus merespon permintaan listrik pada waktu beban puncak. Proyek Upper Cisokan akan menjadikan Indonesia salah satu dari sedikit negara berkembang yang memiliki pembangkit listrik semacam ini,” ucap Leiping Wang, Spesialis Energi Senior untuk Bank Dunia selaku pemimpin tim proyek.

Sistem pumped storage bekerja dengan menggunakan dua waduk yang dibangun di ketinggian yang berbeda. Tenaga disimpan dengan menggunakan turbin pompa untuk mentransfer air dari waduk bawah ke waduk atas, diluar waktu beban puncak. Kemudian pada waktu beban puncak, air yang tersimpan di waduk atas dikeluarkan melalui turbin ke waduk bawah untuk membangkitkan listrik dengan tenaga air.

Sistem pumped storage ini juga mendatangkan keuntungan finansial bagi PLN: pasokan listrik murah yang dihasilkan di luar waktu beban puncak dapat dikonversi menjadi listrik beban puncak yang berharga. Pembangunan fasilitas Upper Cisokan di dekat Bandung, Jawa Barat akan rampung pada tahun 2016, dengan biaya total mencapai US$ 800 juta. Bank Dunia akan membantu mendanai proyek ini dengan pinjaman sebesar US$ 640 juta yang baru saja disetujui oleh dewan eksekutif Bank Dunia hari ini. PLN akan mendanai sisa biaya proyek sebesar US$ 160 juta.

Kontak Media
Dalam Jakarta
Randy Salim
Telepon: (62-21) 5299-3259
rsalim1@worldbank.org
Dalam Washington DC
Mohamad Al-Arief
Telepon: (1-202) 458-5964
malarief@worldbank.org



Api
Api

Welcome