SIARAN PERS

Bank Dunia Menyampaikan Belasungkawa bagi Indonesia dan Memberikan Bantuan Dalam Mengkaji Kerusakan serta Kerugian yang Diderita Oleh Daerah Bencana

29 Oktober 2010




Untitled Document

Jakarta, 29 Oktober 2010 – Atas nama Grup Bank Dunia, Sri Mulyani Indrawati selaku Direktur Pelaksana menyampaikan belasungkawa bagi Indonesia atas dua bencana alam yang menimpa Sumatra Barat dan Jawa Tengah pekan ini. Bank Dunia siap menanggapi segala permintaan pemerintah Indonesia untuk bantuan pasca bencana ucapnya dan kemajuan Indonesia dalam manajemen bencana pun tidak luput dari pantauan Bank Dunia.

Kami atas nama pribadi maupun beserta seluruh jajaran Bank Dunia, turut berduka cita dan prihatin terhadap musibah bencana alam Tsunami di Mentawai dan meletusnya Merapi,” tulis Direktur Pelaksana Sri Mulyani Indrawati dalam pesannya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Bank Dunia siap membantu Indonesia dalam menghadapi pasca bencana alam tersebut. Kami memahami bahwa Indonesia memiliki pengalaman yang luas dan banyak dalam menangani berbagai bencana alam. Do'a kami untuk seluruh korban bencana, dan untuk Bapak Presiden beserta Ibu agar selalu diberikan kekuatan lahir dan batin dalam menjalankan tugas memimpin Indonesia.”

Sebagai tanggapan awal meletusnya Gunung Merapi,kantor Bank Dunia Jakarta mengirimkan staf ahli untuk membantu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengumpulkan data dari lapangan untuk mengkaji kerusakan dan kerugian awal, serta keperluan pemulihan. Beberapa desa yang terkena dampak langsung dari letusan Gunung Merapi dan yang menjadi lokasi permukiman pengungsi tersebut termasuk dalam desa cakupan program REKOMPAK (Rehabilitasi dan Rekonstruksi Masyarakat dan Permukiman) dan  dari PNPM Mandiri yang didukung oleh Bank Dunia. Pendanaan yang dialokasikan untuk REKOMPAK dan PNPM di daerah-daerah korban bencana dapat di realokasikan untuk keperluan pertolongan untuk masyarakat desa. Kajian kerusakan dan kerugian awal yang serupa juga sedang dilakukan di Pulau Mentawai, dengan bantuan dari fasilitator PNPM Mandiri dan pemerintah daerah.

Bank Dunia telah terlibat secara aktif dalam membantu Indonesia dalam menghadapi bancana alam, dan yang terpenting membantu masyarakat untuk beradaptasi dengan tragedi. Termasuk membantu dalam membangun kembali Aceh, Nias dan Yogyakarta setelah ketiga daerah tersebut terkena bencana. Bank Dunia juga terus memberikan bantuannya bagi pemerintah Indonesia dalam membangun sistem Manajemen Penanganan Bencana serta membangun kapasitas di berbagai lini. Dalam bencana yang baru-baru ini terjadi, seperti gempa Padang, Bank Dunia membantu pemerintah dengan mendukung BNPB melakukan kajian kerusakan dan kerugian serta memobilisasi proyek yang ada di lapangan.

Kontak Media
Dalam Jakarta
Randy Salim
Telepon: (62-21) 5299-3259
rsalim1@worldbank.org


Api
Api

Welcome