SIARAN PERS

Negara Populasi Harimau dan Para Mitra Membuat Komitmen Konservasi Baru di Thailand

09 Januari 2009




Hua Hin, Thailand, 29 Januari 2009 - Pemerintah dari seluruh negara yang memiliki populasi harimau (TRC) di Asia mengirimkan pesan yang kuat bahwa upaya baru untuk menyelamatkan harimau liar dari kepunahan akan segera dimulai dan meminta perlindungan total habitat harimau yang kritis bersamaan dengan penutupan Konferensi Menteri Asia Pertama mengenai Konservasi Harimau di resor Hua Hin, Thailand.

Pemerintah Kerajaan Thailand menjadi tuan rumah pertemuan ini. Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Thailand, Suwit Khunkitti menunjuk ke komitmen dalam Deklarasi Hua Hin, dan mendesak TRC lain untuk menindaklanjuti rekomendasi teknis terkonsolidasi yang dihasilkan dari pertemuan sebelumnya di Kathmandu mengenai konservasi harimau: "Kita harus mendapatkan dukungan dari tingkat tertinggi pemerintah kita pada Pertemuan Kepala Negara di Tahun Macan, di Rusia. Mari kita bergabung bersama untuk menyelamatkan harimau liar."

Thailand membuat sejumlah komitmen baru di konferensi:

  • Ekspansi program patroli wilayah satwa liar SMART di Kompleks Hutan Barat (WEFCOM) di Huai Kha Khaeng-Thung Yai
  • Bantuan kepada negara-negara tetangga untuk memulangkan harimau ketika populasi harimau di WEFCOM dan Kaeng Krachan/Kuiburi menjadi cukup besar untuk bertindak sebagai sumber donor
  • Pengumuman bahwa hal itu akan membuat pendanaan untuk ASEAN Wildlife Enforcement Network menjadi poin permanen dalam anggarannya

7 menteri, bersama dengan delegasi senior dari 13 negara yang memiliki populasi harimau, berkumpul dengan para ahli konservasi satwa liar dan perwakilan dari organisasi internasional dan lembaga donor seperti Bank Dunia, Global Initiative Tiger, WWF, Save the Tiger Fund, Wildlife Conservation Society, USAID, FREELAND, dan TRAFFIC, untuk menyemangati agenda konservasi satwa liar, memperbarui rencana aksi nasional, dan mengumumkan proposal khusus untuk membalikkan terus menurunnya populasi harimau.

Presiden Kelompok Bank Dunia Robert B. Zoellick, yang meluncurkan Tiger Global Initiative (GTI) pada Juni 2008 bersama-sama dengan Smithsonian Institution, Global Environment Facility, dan mitra lainnya, menyampaikan pesan video kepada para menteri dan delegasi, menjanjikan dukungan bagi upaya negara yang memiliki populasi harimau dan memimpin pembangunan berkelanjutan di Asia, "Bank Dunia siap untuk mendukung proyek-proyek regional di negara yang memiliki populasi harimau serta untuk memobilisasi masyarakat donor dan mengembangkan instrumen keuangan inovatif untuk mendukung dana konservasi harimau."

Populasi harimau liar telah menurun menjadi hanya 3.200 di seluruh dunia, menurut perkiraan terbaru, dari 100.000 satu abad lalu. GTI adalah salah satu pendorong komitmen Bank Dunia ke strategi baru yang menyeimbangkan pembangunan ekonomi dengan konservasi alam, keanekaragaman hayati dan perlindungan lingkungan.

Perkembangan penting lain di Thailand berasal dari Perdana Menteri Vladmir Putin dan Pemerintah Federasi Rusia, yang secara resmi mengumumkan rencana untuk menjadi tuan rumah Pertemuan Kepala Negara pada bulan September.

Deklarasi Hua Hin mencerminkan kesepakatan antar TRC untuk melipatgandakan usaha di lapangan untuk menghentikan penurunan harimau dan membantu dalam pemulihan habitat. Sebuah konferensi donor internasional juga direncanakan akhir tahun ini untuk mendukung negara-negara dalam membawa peningkatan sumber daya ke kebijakan pengubah permainan yang untuk menyelamatkan spesies ini dari kepunahan.

Michael Baltzer, Pemimpin WWF Tiger Initiative, mengatakan, "Kami senang melihat secercah harapan bagi harimau yang diwakili oleh komitmen negara-negara yang memiliki populasi harimau untuk bekerja sama dalam melipatgandakan jumlah harimau liar di tahun 2022. Kami berharap dapat melihat janji mereka berubah menjadi tindakan nyata di Vladivostok."

Ke-13 negara yang memiliki populasi harimau mengirim perwakilannya di Hua Hin. Negara tersebut mencakup Bangladesh, Bhutan, Kamboja, Cina, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Rusia, Thailand, dan Vietnam.

Kontak Media
Dalam Washington, D.C.
Andrey Kushlin
Telepon: 1-202-458-7268
Lester Dally
Telepon: 1-202-352-8684
Dalam Bangkok: FREELAND Foundation
Pornvadee Piyakhun
Telepon: 02-204-2719



Api
Api

Welcome