Skip to Main Navigation
SIARAN PERS 24 Juli 2017

Presiden Grup Bank Dunia akan berkunjung ke Indonesia

Jakarta, 24 Juli 2017 – Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim akan tiba di Jakarta besok dalam kunjungan dua hari untuk membahas reformasi kebijakan di Indonesia, khususnya, upaya untuk meningkatkan pengumpulan pendapatan dan membelanjakannya secara lebih efisien di sektor-sektor utama, seperti infrastruktur dan sumberdaya manusia.   

Kim akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan sejumlah menteri lainnya terkait prioritas pembangunan Indonesia dan bagaimana memperkuat suksesnya kerja sama antara Grup Bank Dunia dengan Indonesia, yang telah berlangsung lebih dari enam dekade.

"Indonesia adalah negara yang sedang bangkit, dan siap bergabung dengan negara-negara ekonomi maju dunia," kata Kim. "Saya sangat mendukung upaya pemerintah untuk melanjutkan reformasi yang akan menguntungkan seuruh penduduk Indonesia, termasuk menemukan cara untuk mengumpulkan dan membelanjakan pendapatan dengan lebih baik untuk membiayai pembangunan."                                                                                                                                             

Di Jakarta, Kim akan berpartisipasi dalam Forum Pembiayaan Infrastruktur yang bertujuan melibatkan pemangku kepentingan sektor publik dan swasta dalam memobilisasi pembiayaan pembangunan infrastruktur.

"Seperti banyak negara berpenghasilan menengah dan besar lainnya, kesenjangan infrastruktur Indonesia merupakan tantangan yang mendesak tetapi juga peluang yang sangat besar," kata Kim. "Investasi infrastruktur yang efektif sangat penting untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, dan akan membantu membuka potensi besar negara ini."

Forum Pembiayaan Infrastruktur adalah bagian dari 'Voyage to Indonesia,' serangkaian acara menuju 2018 World Bank Group-International Monetary Fund Annual Meetings yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober tahun depan di Indonesia.

"Saya berterimakasih kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia yang menjadi tuan rumah Annual Meetings 2018," kata Kim. "Kegiatan global ini akan mengangkat banyak keberhasilan pembangunan Indonesia, juga keanekaragaman budaya dan keindahan alamnya."

Untuk lebih meningkatkan kesadaran akan tantangan Indonesia dalam membangun sumberdaya manusia, Kim akan berbicara kepada kaum muda Indonesia tentang pentingnya berinvestasi pada anak-anak di tahun-tahun awal kehidupan.

"Intervensi anak usia dini sangat penting untuk mengakhiri epidemi stunting, dan ini adalah investasi yang paling efektif secara biaya bagi sebuah negara untuk mengurangi ketidaksetaraan, meningkatkan pertumbuhan di masa depan, serta kemakmuran," kata Kim. "Anak yang sehat dan bahagia akan menjadi anggota masyarakat yang produktif dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Melakukan investsi di bidang ini sangat penting untuk mewujudkan aspirasi Indonesia yang tinggi. "

Sebuah survei kesehatan nasional memperkirakan bahwa 9 juta anak Indonesia di bawah usia lima tahun mengalami stunting, sekitar sepertiga dari seluruh balita Indonesia.


SIARAN PERS NO: 2017/07/24

Kontak

Jakarta
Nugroho N. Sunjoyo
Tel: +62 52993150
nsunjoyo@worldbank.org
Washington D.C.
Lívia Pontes
Tel: +1 202 4738949
lpontes@worldbank.org
Api
Api