Skip to Main Navigation
SIARAN PERS 11 Mei 2021

Indonesia: Kerangka Kerja Kemitraan Baru Berfokus pada Pemulihan Perekonomian dan Pertumbuhan Jangka Panjang


WASHINGTON, 11 Mei 2021— Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia pada hari ini menyetujui Kerangka Kerja Kemitraan (Country Partnership Framework/CPF) dengan Indonesia yang baru untuk periode 2021-2025.

“Melalui kerangka kerja ini, Grup Bank Dunia akan melanjutkan kemitraannya bersama Indonesia dengan mendukung upaya pemulihan dari dampak pandemi seraya melaju semakin dekat dengan tujuan-tujuannya mencapai pertumbuhan inklusif, membangun kelas menengah yang tangguh, dan kemudian bergabung dengan negara-negara berpenghasilan tinggi,” ucap Victoria Kwakwa, Wakil Presiden Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik.

CPF yang baru tersebut disiapkan di bawah bayang-bayang pandemi yang masih berlangsung, yang tidak hanya memakan korban jiwa dalam jumlah yang tidak sedikit, tetapi juga telah menyebabkan dampak ekonomi yang serius bagi negara ini. Dirancang sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN),

Akibat pandemi, Pemerintah telah mengalihkan fokusnya pada penguatan kebijakan dan kelembagaan, terutama di sektor kesehatan, perlindungan sosial, pendidikan, dan digitalisasi. Khususnya pada aspek digital, CPF ditujukan untuk memperbaiki tingkat efisiensi dan inklusi dengan meningkatkan berbagai layanan maupun mengatasi kesenjangan digital.  

“Sektor swasta memainkan peran penting dalam membangkitkan kembali pertumbuhan ekonomi, di mana kepemimpinan International Finance Corporation (IFC) dalam mengembangkan berbagai peluang yang berkelanjutan dan inklusif maupun dalam menggerakkan lebih banyak investasi swasta akan menjadi sangat penting bagi upaya pemulihan di negara-negara klien kami,” kata Alfonso Garcia Mora, Wakil Presiden IFC, Asia dan Pasifik. “Sejalan dengan semangat CPF ini, kami juga akan terus berfokus dalam mendorong keuangan yang inklusif melalui kerja kami terkait digitalisasi maupun kelanjutan kerja sama dengan UMKM serta memberikan bantuan teknis untuk memodernisasi infrastruktur pasar modal.”

Melalui pemanfaatan pembelajaran dari berbagai program pemerintah hingga saat ini dan menyesuaikan strategi untuk memperkuat respons terhadap ketidakpastian akibat pandemi, CPF didasarkan pada suatu kerangka kerja menyeluruh untuk periode lima tahun yang melibatkan beragam pendekatan yang akan diterapkan selama tiga tahun pertama periode kerangka kerja tersebut.

Selama tahun ini dan tahun depan, Bank Dunia akan memusatkan upayanya untuk membantu memastikan berlangsungnya pemulihan dari pandemi secara berkelanjutan, termasuk juga mendukung reformasi ekonomi yang diperlukan, meningkatkan pendapatan, dan menyegarkan kembali berbagai upaya di bidang perubahan iklim, digitalisasi, dan kesetaraan gender,” ujar Satu Kahkonen, Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste. “Kami berkomitmen untuk melanjutkan dukungan kepada Pemerintah Indonesia pada tema-tema lintas-bidang tersebut dan juga pada upaya pemberantasan kemiskinan untuk mendukung Indonesia menjadi  lebih sejahtera.”

Penyusunan CPF baru ini melibatkan konsultasi yang dilakukan secara virtual dengan Pemerintah, para mitra pembangunan, organisasi masyarakat sipil, dan sektor swasta. Salah satu hasil utama dari rangkaian konsultasi tersebut adalah persetujuan dari para pemangku kepentingan mengenai dampak menyeluruh perubahan iklim bagi negara ini dan sekitarnya, serta dorongan kepada Grup Bank Dunia untuk melanjutkan dukungannya bagi Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan terkait lingkungan dan iklim.  


SIARAN PERS NO: 2021/148/EAP

Kontak

Di Washington:
Nick Keyes
+1 (202) 473-9135
nkeyes@worldbank.org
Di Jakarta:
Lestari Boediono
+62-21-5299-3156
lboediono@worldbank.org
Api
Api