Skip to Main Navigation
ACARA

Perempuan di Tempat Kerja: Mengatasi Tantangan, Menggapai Keberhasilan

29 Juli 2022
Rangkaian webinar “Women in Leadership”
,

Bank Dunia mengundang partisipasi Anda pada webinar kedua dari rangkaian webinar “Women in Leadership” dengan tema “Perempuan di Tempat Kerja – Mengatasi Tangangan, Menggapai Keberhasilan”, yang akan diselenggarakan pada 29 Juli 2022, pukul 15:00-16.30 WIB

 

Rangkaian webinar ‘Women in Leadership’ pertama kali diluncurkan pada bulan Maret tahun 2022 sebagai bagian dari kegiatan outreach and engagement program Gender Equality for Growth Bank Dunia yang didukung oleh Pemerintah Australia. Program ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi berbasis bukti yang mendukung Pemerintah Indonesia dalam mengatasi kesenjangan gender demi mendorong pertumbuhan ekonomi. Tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan Indonesia telah berada di kisaran 50 persen selama 20 tahun terakhir, sedangkan tingkat partisipasi angkatan kerja laki-laki tetap sekitar 80 persen. Dengan norma-norma sosial yang berlaku yang menekankan peran perempuan sebagai ibu dan pengasuh anak, peluang perempuan di pasar tenaga kerja menjadi terbatas, sementara tantangan tetap ada karena diskriminasi berbasis gender perusahaan dalam mempekerjakan dan mempromosikan pekerja perempuan. Studi Bank Dunia baru-baru ini menunjukkan bahwa membuka peluang dan mengurangi hambatan partisipasi angkatan kerja perempuan di Indonesia dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi dan manfaat produktivitas yang substansial bagi negara.

Pada seri kedua webinar ini menghadirkan Menteri Tenaga Kerja Ibu Ida Fauziyah sebagai pembicara utama, serta menyajikan diskusi para pemimpin perempuan yang inspiratif untuk mengeksplorasi perjalanan kepemimpinan mereka dan mengupas berbagai pengalaman yang telah dilalui untuk mengatasi tantangan yang dihadapi di masyarakat dan dunia kerja.

Bekerja sama dengan SWA Media, webinar ini diharapkan mendorong dialog tentang bagaimana generasi muda perempuan dapat memiliki masa depan yang lebih baik melalui kebijakan yang secara aktif mendorong partisipasi dan kepemimpinan perempuan dalam angkatan kerja. Dari webinar ini diharapkan terjadi pembahasan mengenai kebijakan-kebijakan yang mendukung partisipasi dan kepemimpinan perempuan sebagai bagian dari angkatan kerja dan sekaligus menginspirasi generasi muda untuk melakukan perubahan. Melalui keterlibatan pemimpin perempuan dan laki-laki dari berbagai sektor, sesi panel webinar ini akan mendiskusikan dan berbagi:

  • Pentingnya bagi perempuan untuk berpartisipasi dalam angkatan kerja untuk pertumbuhan ekonomi negara
  • Pengalaman dalam mengatasi tantangan sosial dan di tempat kerja untuk mencapai pekerjaan dan karir yang diharapkan
  • Praktik kebijakan perusahaan yang dapat mendukung kemajuan perempuan di tempat kerja dan mendorong lebih banyak sosok pemimpin perempuan.

Acara ini akan diselenggarakan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dengan juru bahasa isyarat, secara virtual pada platform Zoom. Petunjuk untuk memilih bahasa dapat dibaca disini.

Detail Acara

  • Kapan: July 29, 2022, 15.00-16.30 (WIB)
  • Di mana: Virtual event (Zoom dan Live Streaming)
  • Kontak: Karlina Widyastuti
  • kwidyastuti@worldbank.org