SIARAN PERS

Reformasi Pajak Terus Berlangsung Walaupun Perekonomian Bergejolak, Terutama untuk Pelaporan Elektronik

21 November 2012





London, Inggris, 21 November 2012— Laporan baru dari Bank Dunia, IFC, dan PwC menemukan bahwa pemerintah terus melakukan reformasi sistem perpajakan mereka, walaupun kondisi perekonomian global masih tidak jelas. Sebanyak 31 negara telah mengambil langkah untuk mempermudah usaha kecil menengah guna membayar pajak dengan biaya yang lebih rendah sejak bulan Juni tahun lalu sampai bulan May 2012.

Studi Membayar Pajak 2013 yang baru diterbitkan hari ini melihat rezim pajak di 185 negara dan menemukan bahwa reformasi pajak yang paling umum adalah memperkenalkan perbaikan sistem online guna menerapkan  kepatuhan pajak.  Hal ini telah terjadi di 16 negara.

“Pelaporan dan pembayaran secara elektronik mengurangi birokrasi dan kerumitan sistem pajak, dan dapat meningkatkan kepatuhan pajak dan mengurangi biaya administrasi pajak," tutur Augusto Lopez Claros, Direktur Indikator Global dan Analisa, Grup Bank Dunia. "Laporan ini menemukan bahwa selama beberapa tahun kebelakang terjadi penurunan jumlah pembayaran yang perlu dilakukan dan juga waktu yang dibutuhkan bagi perusahaan berukuran menengah guna mematuhi kewajiban pajak mereka. Penurunan beban administrasi pajak di seluruh kawasan di dunia ini merupakan perkembangan yang sangat baik.

Laporan ini menemukan bahwa rata-rata perusahaan ukuran menengah membayar Tingkat Pajak Total sebesar 44,7% dari keuntungan, melakukan 27,2 kali pembayaran, dan menghabiska 267 jam untuk mematuhi ketentuan pajak. Selama 8 tahun sejak studi ini dimulai, waktu yang dibutuhkan untuk patuh pajak turun sebanyak 54 jam, hampir 7 hari kerja, dan jumlah pembayaran yang perlu dilakukan turun lebih dari 6, dengan Tingkat Total Pajak turun mencapai hampir 1 persen setiap tahunnya.

"Kita melihat dilema dimana keperluan pemerintah untuk menaikkan pajak dan pada saat yang bersamaan perlu menyediakan suatu sistem yang dapat mendorong aktivitas perekonomian dan pertumbuhan,” ucap Andrew Packman, mitra pajak di PwC UK. “Pemerintah yang ingin menciptakan iklim pajak yang lebih ramah usaha, perlu fokus tidak hanya pada tingkat pajak namun juga perlu meminimalisir waktu serta upaya yang diperlukan untuk patuh.”

Analisa ekonomi yang dilakukan oleh penasehat ekonomi senior PwC, Andrew Sentence, dan telah ditampilkan dalam laporan ini, menunjukkan bahwa perekonomian dimana tindakan yang diambil untuk mengurangi kerumitan administrasi pajak – baik dari jumlah pembayaran maupun waktu yang diperlukan untuk berurusan dengan masalah pajak – telah terlihat adanya pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

Reformasi-reformasi ini terus terjadi di seluruh dunia. Namun laporan ini menemukan bahwa jumlah negara yang melakukan reformasi berkurang dari 35 negara tahun lalu menjadi 31 dalam studi yang paling baru. Fokusnya tetap kepada penurunan beban administrasi sistem pajak. Pada tahun 2011, waktu yang diperlukan untuk patuh turun sebanyak 1 hari kerja (8 jam), dan jumlah pembayaran yang perlu dilakukan turun mendekati 2, sedangkan Tingkat Pajak Total turun hanya sebesar 0,3%.

Membayar Pajak 2013 mengukur semua pajak wajib dan kontribusi yang perlu dibayarkan oleh perusahaan ukuran menengah setiap tahunnya. Pajak dan kontribusi ini yang diukur termasuk pajak keuntungan atau pajak pendapatan perusahaan, kontribusi sosial, dan pajak tenaga kerja yang dibayarkan oleh pengusaha, pajak properti, pajak dividen, pajak penambahan modal, pajak transaksi keuangan, pajak pengumpulan sampah, pajak kendaraan dan jalan raya, dan pajak-pajak kecil dan biaya lainnya.

Mengenai Grup Bank Dunia
Grup Bank Dunia adalah salah satu sumber pendanaan terbesar dan pengetahuan untuk negara-negara berkembang. Grup Bank Dunia terdiri dari lima institusi: International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) dan International Development Association (IDA), kedua institusi tersebut membentuk Bank Dunia; International Finance Corporation (IFC); Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA); dan International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID). Masing-masing institusi memainkan peranan khusus dalam misi melawan kemiskinan dan meningkatkan standar hidup bagi penduduk di negara-negara berkembang. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi www.worldbank.org, www.miga.org, and www.ifc.org.



Untuk informasi mengenai Laporan Doing Business:
www.doingbusiness.org

Mengenai PwC
Firma PwC membantu organisasi dan individu menciptakan nilai yang ingin mereka ciptakan. Kita adalah jarinagn perusahaan di 158 negara dengan lebih dari 180.000 orang yang berkomitmen untuk memberikan kualitas dalam pelayanan jaminan, pajak, dan nasehat. PwC merujuk pada jaringan PwC dan/atau satu atau lebih perusahan anggotanya, yang masing-masing merupakan badan hukum terpisah. Silahkan kunjungi www.pwc.com/structure untuk informasi lebih jelas. Kabari kami mengenai apa yang menurut anda penting, dan cari tahu lebih banyak dengan mengunjungi kami di www.pwc.com.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai studi Membayar Pajak silahkan kunjungi www.pwc.com/payingtaxes.

Kontak Media
Dalam Washington (World Bank Group)
Nadine Ghannam
Telepon: +1 202 473 3011
nsghannam@ifc.org
Dalam New York (PwC)
Mike Ascolese
Telepon: +1 646 471 8106
mike.ascolese@us.pwc.com

SIARAN PERS NO:
2013/163/IFC

Api
Api

Welcome